Saturday, December 29, 2012

Teknik Scream Vocal



Scream itu bukan hanya asal berteriak saja atau menyedot suara tapi scream itu ada teknik – tekniknya juga diperlukan latihan yg ngak mudah agar bisa terdengar beda dari scream-scream yang biasanya berikut saya akan menjabarkan teknik-teknik scream dan beberapa band-band yang memakai teknik scream tsb. :

Inhale : teknik menarik napas dari luar kedalam biasanya distorsi yang didapat lebih banyak daripada Exhale,Tapi lebih nyerap banyak stamina kalau digunakan,saya gak bisa memberi contoh Band apa yang ngegunain teknik ini,karena banyak juga band yang seperti inhale tapi ternyata exhale yaitu Randy Blyte dari lamb of god.


Exhale: menghembuskan napas dari dalam tubuh keluar,Ini lebih aman dari inhale karena tidak menarik udara dari luar seperti inhale...jadi bisa meminimalisir debu yang masuk kedalam tubuh,Suara yang didapat juga bisa lebih bervariasi dari inhale, Band yang menggunakan teknik ini seperti Arch Enemy, I Killed The Prom Queen, Slipknot, Devildriver.
 

1. SCREAM
Ini adalah dasar dari semua Scream yang ada untuk melakukannya cukup dengan langkah-langkah seperti ini :
- mengeluarkan nafas dengan cara yang agak berat
- biasakan dengan kondisi seperti itu lalu cobalah sambil berteriak (tetapi gag usah banter banter, untuk awal kita hanya memerlukan sampai terdengar "teriakan" yang agak berat bila didengar).
Jika scream menggunakan nada yang lebih tinggi bisa disebut sebagai high pitch scream.
Suara scream ini biasa dikeluarin dengan teknik inhale atau exhale tergantung enak si vocalisnya ngegunain yang mana ?
-Band yang memakai teknik ini : saya kira karena teknik ini salah satu dasar dari teknik -teknik vocal scream jadinya cukup banyak yang memakai teknik seperti ini.
Contohnya : The Used, Bullet For My Valentine, Walls of Jerricho, etc.

 
2. GROWL
Teknik Yang Satu ini Memiliki Nama lain yaitu "SCREAM Rendah" karena pada dasarnya Teknik ini Sama Seperti SCREAM Cuman Bedanya itu Bentuk Mulut ketika SCREAM dengan GROWL berbeda. Karena ketika kita melakukan SCREAM bentuk mulut kita biasanya kita buka lebar lebar, namun ketika kita ingin melakukan GROWL bentuk mulut kita harus dibentuk seperti pelafalan huruf " O " sehingga suara yang dihasilkan itu menjadi rendah. Tetapi juga diperlukan nada tinggi, untuk itu diperlukan ketahanan untuk melakukan head voice.
(nb : jika kita tidak terbiasa growl kadang tenggorokan merasakan gatal yang amat sangat sehingga membuat growl itu jadi terputus putus)
Semakin dalam pengeluaranya semakin serem sampai ada istilah yang disebut Deep Growl.
Jenis suara ini juga bisa didapat dengan teknik inhale maupun exhale.
-Band yang memakai teknik ini : kalau GROWL biasanya hampir dipakai oleh semua band band beraliran Underground. Contohnya : The Black Dahlia Murder,  Atreyu,  Carnifex , etc.



3. GRUNT
 Untuk Teknik Scream yang Satu ini Beda dengan SCREAM maupun GROWL, karena GRUNT itu menghisap suara dan teknik ini sangat mudah dipelajari karena kita hanya perlu berbicara dengan menyedot (exhale) bukan mengeluarkan.
-Band yang memakai teknik ini : Sama seperti Scream ,Teknik ini termasuk dasar dari teknik - teknik vocal scream sehingga cukup banyak band - band Undeground yang memakai teknik ini.
Contohnya : Amon Amarth, Job for a Cowboy, Suicide Silence, EX DEO etc.


4. PIG SQUEALS
 Teknik yang satu ini adalah modifikasi dari GRUNT karena pada awalnya teknik ini sama dgn GRUNT (sama sama menyedot) namun suara yang dihasilkan lebih terdengar seperti "Mendengkur" dan lebih melengking daripada GRUNT.
Cara untuk Menciptakan suara " Dengkuran " tsb. adalah  dgn melipat lidah kita kebelakang lalu baru kita sedot dengan teknik GRUNT yang melengking namun santai, Barulah terdengar Suara PIQ SQUEALS.
-Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang agak sulit jadinya band yang memakai teknik ini tidak sebanyak seperti ketiga teknik scream yang sebelumnya.
 Biasanya PIG SQUEALS banyak ditemukan di band-band Metal yang lebih condong ke arah Death Metal atauGrindcore.
Contohnya : Job for a Cowboy, Mucopus,  Guttural Secrete, Waking the Cadaver,Condemned, Disgorge etc.
 

5. FRY
Tekhnik ini juga merupakan teknik modifikasi dari SCREAM , Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering. Menurut beberapa
vocalist band yang mempunyai karakter vocal fry, mereka mengatakan bahwa tekhnik ini adalah ciri suara mereka,  teknik ini memang adalah cirri dari masing-masing karakter suara vocal seseorang.
 -Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band - band yang memakai teknik ini.
Contohnya : Lamb of God,  Bless The Fall, Bring Me The Horizon, etc.


6. FALSE
Untuk teknik yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa teknik yang satu ini sangat susah karena teknik ini sama halnya seperti SCREAM namun terjadi Distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara yang SCREAM yang tinggi namun berdistorsi.
Untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara - caranya :
- cobalah berkata "Heahhh" tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata "Ehemm - Ehemm" yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar
- coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan SCREAM
- lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut anda. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita .
Untuk anda yang ingin belajar teknik yang satu ini. Sering seringlah mendengarkan lagu - lagu dari band yang memakai teknik ini, dari sana pasti anda akan menemukan letak penting dari teknik FALSE ini.
-Band yang memakai teknik ini : Banyak yang menyangka teknik ini rumit sehingga kurang begitu banyak yang memakai teknik ini, teknik- teknik seperti ini banyak di temukan di Band Band yang Beraliran Deathcore, Grindcore,Deathmetal.
Contohnya : Miss May I, Suicide Silence, The Black Dahlia Murder, etc.


7. DEATH
Teknik Scream satu ini adalah suatu bentuk scream yang sangat melengking sehingga
Kadang-kadang terdengar seperti suara falsetto yang sangat melengking.  Mungkin teknik ini dasarnya adalah dari basic suara orang itu sendiri. Kalau dari basic suaranya lebih tinggi akan lebih memudahkan untuk memelajari teknik ini.
tahapannya :
1. Keluarkan Suara bernyanyi yang tinggi
2. Kemudian Suara itu kita buat menjadi Falsetto
3. Dan Tambahkan sedikit distorsi seperti halnya kita melakukan Scream False
-Band yang memakai teknik ini : Teknik ini terbilang jarang digunakan karena kesulitannya yang sangat tinggi. Contohnya : Cradle of Filth
(mungkin banyak band band Black Metal lainnya yang memakai teknik ini tentunya dengan nuansa setan dan anti christ yang sangat kental )

Jadi mau exhale atau inhale tergantung si penggunanya, Kalau inhale dia bisa lebih bagus dari exhale-nya kenapa nggak.


-Unsur-unsur teknik vocal :
1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
2. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.


1. Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
2. Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
3. Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
4. Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
5. Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
6. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran yang baik
Kontrol pernafasan
Rasa musical.


NADA adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT NADA ADA 4 (EMPAT) :
1. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
2. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
3. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
4. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.

AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.


-Tips & saran untuk melakukan teknik-teknik scream:
biasanya orang - orang yang belajar teknik-teknik scream itu kadang - kadang setelah melakukan scream tsb, tenggorokan mereka terasa gatal atau sakit. *Gatal merupakan salah satu pertanda jika kita salah melakukan teknikgrowl atau scream. Jika hal tsb, diteruskan akan menjadi batuk & berpotensi merusak pita suara sendiri.
Tapi kita harus percaya jg  bahwa disitulah titik yang membangun kita karena tanda - tanda itu bukti bahwa kalian sudah mulai bisa melakukan teknik -teknik tsb. Yap, kita bisa karena biasa.

-Latihan pernapasan
 Bisa didapatkan melaui jogging.

 -Latihan artikulasi
 Agar pendengar ttp jelas setiap lrik yg kita bawakn dlm sebuah lagu. Bersila sambil berdesis jg berguna untuk melatih artkulasi.

-Stamina yg maksimal
 Scream membutuhkan tenaga yg cukup banyak sehingga memang harus difokuskan kpd keadaan tubuh kita sendiri.

-Latihan suara perut
 Selain stamina, modal scream yg bertenaga adalah permainan suara perut.
 Melatihnya dgn menarik nafas sepanjang mungkin & mengeuarkannya perlahan.

-Banyak referensi & kenali karatakter suaramu
Banyak mendengarkan band-band dgn warna vocal berbeda. Dengan memilah tsb, kita akan lebih mengerti senyaman apa pita suara kita untuk  melakukan scream.

Cara Alternatif lain untuk memperindah suara Scream diantaranya dengan ramuan :
-Jangan merokok
-minum air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi hari
-minum
serat jeruk
-minum air serbat, atau wedang asem
-minum wedang bandrek (jahe)
Cara natural:
1. Sering berlatih Suara(scream) min 2jam/hari
2. Atur pernafasan untuk keluar masukan 8jam dalam 1hr

6 comments:

  1. Makasih buat infonya...
    Kunjungi juga blogku.. http://vj-master.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Thanks gan.
    Salam kenal...
    Online Music Arranger
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    ReplyDelete